-->

Breaking

logo

12/21/17

Sejarah Komputer Dari Generasi Pertama sampai Kelima

Sejarah  Komputer Dari Generasi Pertama sampai Kelima

Sejarah Komputer

Assalamualaikum wr.wb

   Hallo teman teman semua kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah komputer dari generasi pertama sampai generasi ke lima.

A.Pendahuluan

    Di jaman modern ini istilah komputer tidak asing lagi bagi kita tetapi kadang ada juga tidak tahu akan sejarah nya,nahh disini saya akan menjelaskan tentang sejarah komputer dari generasi ke generasi.Simak artikel berikut.

1. Pengertian Komputer 
                                  
   Komputer adalah alat yang dipakai unuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

   Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulto mekanik   mulai dari Abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontenporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

B. Sejarah Komputer

  1. Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Pertama Tahun 1946 - 1959

Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Generasi ke Lima
  Dengan terjadinya Perang Dunia II, negara ­negara yang ikut serta dalam perang itu berupaya meningkatkan untuk mengeksploit potensi strategis yang dipunyai computer. Hal semacam ini tingkatkan pendanaan pengembangan computer dan mempercepat perkembangan tehnik computer.
Ciri computer generasi pertama yaitu : 
  • Pemakaian tube vakum (yang bikin computer pada saat itu memiliki ukuran begitu besar)
  • Ada silinder magnetik untuk penyimpanan data. - Instruksi operasi di buat dengan cara khusus untuk satu pekerjaan spesifik. 
  • Tiap-tiap computer mempunyai program kode­biner yang tidak sama yang dimaksud “bahasa mesin” (machine language). Hal semacam ini mengakibatkan computer susah untuk diprogram serta membatasi kecepatannya. 
-Jenis-jenis komputer pada masa itu

>. Jenis ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer

ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer) yang dikembangkan tahun 1946 oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eckert dari Universitas Pennsylvania merupakan First General Purpose Electronic Computer.

>. Jenis UNIVAC (Universal Automatic Computer)

UNIVAC (Universal Automatic Computer) sudah menggunakan pita magnetik sebagai media input dan outputnya. Merupakan komputer komersial pertama yang dipakai oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk digunakan dalam menghitung sensus penduduk dan sebagai komputer pertama yang dibuat untuk tujuan aplikasi bisnis.


>. Jenis IBM 701 dan IBM 650

IBM 701 dan IBM650 yang sudah merupakan komputer komersial berukuran besar. Sudah menggunakan magnetik drum untuk media penyimpanan luarnya.
2. Komputer generasi Kedua
    Komputer jenis kedua mulai populer padaawal Tahun 1960-an
    Ciri-ciri komuter jenis kedua
  • Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya. Transistor dikembangkan di Bell Laboratories tahun 1947.
  • Lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding generasi komputer pertama.
  • Menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
 3. Komputer generasi Ketiga

    Komputer jenis ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an.

    Ciri-ciri Komputer jenis ketiga sebagai berikut:
  • Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
  • Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
  • Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan
  • Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
  • Sebagai titik awal fenomena mikrokomputer
  • Komputer menjadi lebih kecil dan lebih murah
  • Konsep ‘time sharing’ diperkenalkan
  4. Komputer generasi ke empat

   Komputer generasi keempat adalah komputer yang kita temui pada saat ini. Komputer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda. Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputerpun lebuh sederhana.

Ciri-ciri Komputer genarasi keempat:
  • Komponen elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip
  • Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network)
  • Program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL
  • Telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS)
5. Komputer genersai ke lima
  Sejarah komputer generasi V dikembangkan sejak tahun 1985, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
  • Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
  • Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari)
     Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

      Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
C. Maksud dan Tujuan
 Agar kita semua tahu tentang sejarah dan perkembangan komputer.Bukan asal makai komputer tapi juga harus tahu sejarah nya 
D.Kesimpulan
Setiap komputer berkembang maka semakin canggih keguanaannya.komputer semakin kecil dari generasi ke generasi seperti yang sekarang ini.

   Demikian dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

Wassalamualikum wr.wb

Referensi:
  id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
 www.komputerdia.com › news komputer
 https://ekysmkn7.blogspot.co.id
 mrewaja.wordpress.com/2013/09/18/contoh-komputer..






Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact