Apa itu SOP???
A.Pendahuluan
Nahh sekarang saya akan menjelaskan tentang apa itu SOP.
1.Pengertian SOP
Prosedur Operasi standard (Bahasa Inggris: standard operating procedure, SOP) atau kadang disingkat POS, adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.
2.Latar Belakang
Memahami SOP sebagai patokan saya untuk bekerja.
3.Maksud dan Tujuan
Mengetahui apa itu SOP.
B.Penjelasan
Manfaat Standar Operasional Prosedur
A.Pendahuluan
Nahh sekarang saya akan menjelaskan tentang apa itu SOP.
1.Pengertian SOP
Prosedur Operasi standard (Bahasa Inggris: standard operating procedure, SOP) atau kadang disingkat POS, adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.
2.Latar Belakang
Memahami SOP sebagai patokan saya untuk bekerja.
3.Maksud dan Tujuan
Mengetahui apa itu SOP.
B.Penjelasan
Manfaat Standar Operasional Prosedur
- Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
- Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
- Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
- Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada interfensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
- Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
- Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
- Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
- Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
- Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
- Memberikan informasi mengenai beban tugas yangdipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
- Agar petugas pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
- Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
- Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas pegawai terkait.
- Melindungi organisasi unit kerja dan petugas pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
- untuk menghindari kegagalan, kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.
- Memperlancar tugas petugas pegawai atau tim unit kerja.
- Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
- Mengetahui dengan jelas hambatan!hambatannya dan mudah dilacak
- Mengarahkan petugas pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
- Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
SOP sangat berguna dalam bekerja dan SOP bis melatih diri kita untuk selalu disiplin dalam bekerja maupun tidak bekerja.
D.Referensi
-www.smeindonesia.org/manfaat-tujuan-dan-fungsi-sop/465/
-<Klikdisini>
Demikian dari saya apabila ada kekurangan ataupun kesalahan saya mohon maaf yang sebesar besar nya.
Wassalmualikum wr.wb
