-->

Breaking

logo

12/27/17

Dasar Dasar Jaringan

Dasar Dasar Jaringan

                                                      PERKABELAN
 Assalamualikum wr.wb

 A.Pendahuluan

Perkenalkan nama saya Setyo Agus Purnomo kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang perkabelan dalam jaringan.
1.Pengertian
  Kabel adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain.
2. Latar Belakang
  Mengetahui jenis jenis kabel dalam jaringan.
3.Maksud dan Tujuan
  Tujuan dari mengetahui jenis jenis kabel adalah ketika kita ingin membangun sebuah jaringan kita mengerti kabel apa yang cocok.
4.Hasil yang diharapkan
   Berhasil memahami tentang perkabelan dalam jaringan
Penjelasan Perkabelan
  Media kabel yang digunakan dalam jaringan komputer bermacam-macam :
- Kabel Coaxial
- Kabel Twisted pair
- Kabel Fiber Optik
>Pengertian kabel coaxial
Merupakan kabel yang terdiri dari dua buah konduktor, yaitu terletak di tengah yang terbuat dari tembaga keras yang dilapisi dengan isolator dan melingkar di luar isolator pertama dan tertutup oleh isolator luar.
Kelebihan:
•hampir tidak terpengaruh noise
•harga relatif murah
Kekurangan:
•penggunaannya mudah dibajak
>Pengertian kabel twisted pair
Kabel Twisted Pair adalah kabel jaringan yang terdiri dari beberapa kabel yang
dililit perpasangan. Tujuannya dililit perpasangan ada untuk mengurangi induksi
elektromagnetik dari luar maupun dari efek kabel yang berdekatan.
Jenis kabel Twisted pair
- UTP ( Unshielded Twisted Pair )
Kabel UTP adalah kabel Twisted Pair tanpa ada foil pelindung luar. Kabel ini
umumnya digunakan untuk instalasi indoor dan lalu lintas data yang tidak
sensitif.
 File:UTP cable.jpg - Wikipedia
Kabel inilah yang sering kta gunakan dalam membangun sebuah jaringan
- Kabel STP (shielded twisted pair)
merupakan bagian dari  yang memiliki kabel tembaga dua pembungkus pada masing-masing kabelnya Pelindung tersebut terdapat pada setiap pasang kabelnya yang dilindungi oleh timah dan setiap pasang kabel tersebut masing-masing dilapisi dengan pelindung. Kabel STP terdiri dari 4 jalinan yang erat dengan inci yang berbeda-beda pada tiap jenis STP. STP biasa digunakan bersamaan dengan konektor RJ-45 yang mampu mengirimkan data lebih banyak dari LAN.
>Fiber optic
Kabel serat optik merupakan sebuah kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang berfungsi untuk mentransmisikan sinyal cahaya. Kabel serat optik berukuran sangat tipis dan berdiameter sehelai rambut manusia yang saat ini paling banyak digunakan sebagai media transimisi dalam teknologi komunikasi modern.
Bagian-bagian utama serat optik tersebut adalah bagian inti tempat merambatnya gelombang cahaya, lapisan selimut yang mengelilingi bagian inti dengan indeks bias yang lebih kecil, dan lapisan jake yang melindungi bagian inti dan selimut dengan plastik yang elastis.Komponen utama sistem serat optik terdiri dari transmitter (Laser Diode dan Laser Emmiting Diode), information channel yang berupa serat optik, dan receiver.

-Kelebihan
  1. Kabel Tembaga. Beberapa kelebihan dari kabel tembaga, antara lain adalah harganya murah, instalasinya mudah, mudah didapat, dan fleksibel, menggunakan satu medium untuk semua.
  2. Kabel Koaksial. Beberapa kelebihan dari kabel koaksial adalah kapasitas bandwith dan jangkauan transmisi  yang lebih besar, pengiriman informasi yanglebih cepat, dan lebih murah dari serat optik..
  3. Kabel Serat Optik. Beberapa kelebihan dari kabel serat optik adalah berukuran tipis dan berdiameter sehelai rambut manusia, dapat mentransmisikan sinyal cahaya, kapasitas bandwidth dan kecepatan transmisi yang sangat besar, mencapai terabyte, mudah untuk dibawa, serta tidak rentan terhadap gangguan frekuensi listrik.
Kelemahan
  1. Kabel Tembaga. Beberapa kelemahan dari kabel tembaga adalah rentan terhadap gangguan frekuensi listrik dan radio, tidak dapat mentransmisikan sinyal cahaya, dan kapasitas bandwithnya yang kecil.
  2. Kabel Koaksial. Beberapa kelemahan dari kabel koaksial adalah sulit dalam instalasinya, sering mengakibatkan masalah dalam koneksi jika kedua ujungnya tidak di ground dengan baik, dan lebih mahal jika dibandingkan dengan kabel tembaga.
  3. Kabel Serat Optik. Beberapa kelemahan dari kabel serat optik adalah harganya yang mahal termasuk peralatan khusus untuk penyambungannya, serta kontruksinya yang lemah sehingga memerlukan lapisan penguat untuk proteksi.

B.Alat dan bahan

- komputer& internet
C.Temuan masalah
Belum mengerti kabel fiber optik
D.kesimpulan
mengetahui beberapa kabel jaringan

refrensi
en.wikipedia.org/wiki/Fiber_optic_splitter 
id.wikipedia.org/wiki/Derau
id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_publik 
id.wikipedia.org/wiki/STP
https://id.wikipedia.org

   Demikian dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar besar nya,semoga bermafaat

wassalamualaikum wr.wb

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact