-->

Breaking

logo

1/21/18

Penjelasan tentang firewall

Penjelasan tentang firewall


Assalamulaikkum wr.wb


A.pendahuluan
  kali ini saya akan menjelasakan tentang apa itu firewall nah lang sung saja teman teman simak artikel berikut.
1.Pengertian
Firewall adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internal.
2.maksud dan tujuan
ingin mengetahuai lebih jauh  apa itu firewall dn fungsi firewall itu untuk apa.

B.alat dan bahan
-buku referensi

C.jangka waktu pelaksanaan
tergantung cara seseoang memahami nya

D.penjelasan tentang apa itu firwal
Pengertian firewall
Firewall adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internal.

Fungsi firewall
Firewall digunakan untuk membatasi akses antara dua jaringan yang saling terhubung, yaitu antara jaringan internal dengan jaringan global (internet). Firewall diletakkan diantara kedua jaringan internal dan global, sehingga semua informasi yang keluar maupun masuk harus melewati firewall. Beberapa kriteria yang dilakukan firewall apakah memperbolehkan paket data lewati atau tidak, antara lain Alamat IP darikomputer sumber:

Alamat IP dari komputer tujuan.
Port TCP/UDP sumber dari sumber.
Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan.
Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.
Tujuan utama firewall adalah menjaga agar akses internel maupun eksternal dari
orang yang tidak berwenang atau tidak mempunyai akses.
Firewall meruapakan suatu cara yang efektif untuk melindungi jaringan dari ancamana gangguan lewat internet.Membatasi dan menjaga kerusakan pada satu bagian jaringan agar tidak menyebar kebagian yang lain pada jaringan.

Manfaat Firewall
Berikut ini beberapa manfaat apabila dalam pemasangan jaringan menggunakan firewall:
Seluruh akses dalam jaringan dapat kita kontrol melalui firewall.
-Dapat menjaga informasi rahasia berharga yang menyali keluar tanpa sepengetahuan.
-Dapat mengawasi semua service berjalan.
-Dapat mencatat dan merekam semua kegiatan berjalan melewatinya.
-Dapat menerapkan suatu kebijakan keamanan (Security Policy).
-Dapat mencegah suatu paket yang dirasa mencurigkan oleh sistem.
-Dapat menghambat pergerakan para penyerang yang mencoba  memasukisistem.

Cara Kerja Firewall
Komputer memiliki ribuat port yang dapat diakses untuk berbagai keperluan.
Cara Kerja Firewall dari komputer adalah menutup port kecuali untuk beberapa port tertentu yang perlu tetap terbuka. Firewall di komputer bertindak sebagai garis pertahanan terdepan dalam mencegah semua jenis hacking ke dalam jaringan, karena,setiap hacker yang mencoba untuk menembus ke dalam jaringan komputer akan mencariport yang terbuka yang dapat diaksesnya.

Dalam Jaringan firewall terdapat dua buah cara yang dapat kita gunakan agar komunikasi jaringan dapat berjalan sesuai dengan fungsinya,yaitu menggunakan packet filtering dan sistem proxy, berikut penjelasnya.

Packet Filtering
Packet filtering biasa juga disebut dengan screening router, yaitu suatu roter yang melakukan routing paket antara jaringan internal dan jaringan eksternal sesuai dengan kebijakan keamanan yang digunakan pada suatu jaringan. Dengan kata lain, packet
filtering hanya dapat dipakai untuk menyaring paket-paket yang digunakan dengan paket-paket yang tidak digunakan dan mempunyai resiko kemanan yang lebih besar.Informasi yang digunakan untuk menyalin paket-paket antara lain alamat IP adress asal dan tujuanya, Protokol yang digunakan (TCP, UDP, atau ICMP), dan alamat port asal dan tujuanya.

Sistem Proxy
Proxy meruapakan suatu program server atau aplikasi spesifik yang dijalankan pada mesin firewall. Setiap komunikasi yang terjadi antara dua buah jaringan dilakukan melalui suatu operator (Proxy Server). Firewall akan menggunakan kombinasi antara packet filtering dan sistem proxy, karena tidak semua kinerja protokol jaringan dapat berjalan secara maksimal sesuai dengan salah satu dari kedua teknik tersebut.Proxy dalam melakukan tugasnya mengambil user request untuk internet service seperti HTTP, FTP dan meneruskannya pada host yang menjadi tujuannya.

E.Kesimpulan 
Kesimpulannya adalah untuk membatasi akses antara dua jaringan yang saling terhubung, yaitu antara jaringan internal dengan jaringan global (internet).

  Demikian dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar besar nya semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalmualikum wr.wb

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Tembok_api 

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact