-->

Breaking

logo

1/18/18

Penjelasan web proxy pada mikrotik.

Penjelasan web proxy pada mikrotik.

APA ITU WEB PROXY ????????
Assalamualikum wr.w
A.pendahuluan
  Haloo teman teman disini saya akan menjelaskan sedikit tentang  apa itu web proxy dalam mikrotik.
1.Pengertian Web Proxy
  Web proxy adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di Internet. Mikrotik memiliki fitur Web proxy yang bisa digunakan sebagai proxy server yang nantinya akan menjadi perantara antara browser user dengan web server di Internet..
2.Latar Belakang
 Saya ingin mempelajari tentang apa itu web proxy dan kegunaan web proxy itu apa.
3.Maksud dan tujuan
 setelah belajar web proxy tujuan saya ingin memblokir situs menggunakan web proxy.
4.Hasil yang diharapkan
 berhhasil empelajari web proxy dengan matang.
B.Alat dan bahan
-komputer
-Referensi-referensi
C.Penjelasan tentang web proxy.
  web proxy adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di Internet. Mikrotik memiliki fitur Web proxy yang bisa digunakan sebagai proxy server yang nantinya akan menjadi perantara antara browser user dengan web server di Internet.
1.Manfaat web Proxy pada mikrotik.
Caching
Web Proxy Mikrotik dapat melakukan caching content yaitu menyimpan beberapa konten web yang disimpan di memori Mikrotik. Konten tersebut akan digunakan kembali apabila ada permintaan pada konten itu lagi. Misalnya anda membuka Facebook.com, maka file-file pada web tersebut seperti image, script, dll akan disimpan oleh web proxy, sehingga jika lain kali anda membuka Facebook maka tidak perlu konek ke Internet pun halaman itu bisa dibuka dengan mengambil file dari cache proxy. Hal ini dapat menghemat bandwidth Internet dan mempercepat koneksi.
Filtering
Dengan menggunakan Web Proxy anda dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Anda dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat anda lakukan jika hanya menggunakan NAT. 
Connection Sharing
Web Proxy meningkatkan level keamanan dari jaringan anda, karena computer user tidak berhubungan langsung dengan web server yang ada di Internet.
2.Cara kerja webproxy
Ketika user membuka suatu situs, maka browser akan mengirimkan HTTP request ke Server, namun karena computer user ini menggunakan web proxy maka proxy akan menerima HTTP request dari browser tersebut kemudian membuat HTTP request baru atas nama dirinya. HTTP request baru buatan Proxy inilah yang diterima oleh Server kemudian Server membalas dengan HTTP Response dan diterima oleh Proxy yang kemudian diteruskan ke browser user yang sebelumnya melakukan request.
3.Perbedaan web proxy dengan NAT
 NAT hanya menangani paket data saja, sedangkan Proxy bekerja dengan memeriksa konten dari HTTP Request dan Response secara detail, sehingga Proxy sering juga disebut sebagai Application Firewall.
D.Kesimpulan 
   Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa web proxy itu adalah perantara dari client ke server sehinggan client tidak bisa langsung berhubungan dari server server yang ada di internet

  Demikian dari saya semoga bermanfaat aetikel ini dan apabila ada kesalaahan saya mohon maaf yang sebesar besar nya.

Wassalamualikum wr.wb


Referensi
https://mikrotikindo.blogspot.com


 

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact