-->

Breaking

logo

2/19/18

perbedaan HTTP dengan HTTPS

perbedaan HTTP dengan HTTPS


Assalamualaikum wr.wb
A.Pendahuluan
Kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan http dengan https
-Latar belakang
Ingin lebih memahami tentang perbedaan http dengan https.
B.Alat dan Bahan
-Komputer
-referensi-referensi
C.Maksud dan tujuan
Dengan memahami tentang http dan https saya dapat memahami tentang tingkat keamanan nya.
D.Pembahasan.
#HTTP
  HTTP  adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang disebut dengan dokumen hiperteks yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan inggris yang bernama Tim Berners Lee. Http merupakan protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu komunikasi antara jaringan komputer client dengan web server. Dalam komunikasi ini, komputer clientmelakukan permintaan dengan mengetikkan alamat atau website yang ingin di akses. Sedangkan server mengolah permintaan tersebut berdasarkan kode protokol yang di inputkan.
HTTP disebut protokol Stateless karena setiap perintah dijalankan secara independen, tanpa pengetahuan tentang perintah yang datang sebelumnya. Ini adalah alasan utama yang sulit untuk menerapkan situs Website yang bereaksi secara cerdas untuk input pengguna.
#HTTPS
   HTTPS adalah adalah adaptasi dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP) untuk komunikasi yang aman melalui jaringan komputer , dan banyak digunakan di Internet.Dalam HTTPS, protokol komunikasi dienkripsi oleh Transport Layer Security (TLS), atau sebelumnya, pendahulunya, Secure Sockets Layer (SSL). Protokol ini juga sering disebut sebagai HTTP over TLS , atau HTTP over SSL

#Perbedaan utama http dan https
Beberapa perbedaan utama antara http dan https, dimulai dengan port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. Https bekerja dengan transmisi interaksi yang normal http melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), yang keduanya menyandikan catatan data yang dipertukarkan.
E.kesimpulan
Jadi Perbedaan HTTP dengan HTTPS dapat disimpulkan bahwa HTTPS itu lebih Secure atau lebih aman.

F.Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/HTTPS 
http://ilmukomputer.org/2013/01/30/perbedaan-http-dan-https/ 

Demikian dari saya apabila ada kesalahan saya moohon maaf yang sebesar besar nya.

Wassalamualaikum wr.wb 

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact