-->

Breaking

logo

2/1/18

Trining cisco hari ke 7

Trining cisco hari ke 7


Assalamualikum wr.wb
A.Pendahuluan
  Bertemu lagi dengan saya Setyo Agus Purnomo kali ini saya akan membagikan ilmu yang tadi saya dapat.
1.Pengertian
  Cisco adalah sebuah perusahaan yang memiliki dua bidang usaha. Usaha yang pertama adalah didalam pembuatan hardware dan software yang berhubungan dengan jaringan komputer. Kemudian yang kedua adalah di bidang pendidikan yaitu dengan Cisco Networking Academy (CNA).
2.Latar belakang
 Saya ingin belajar lebih bayak mengenaai cisco.
3.Maksud dan Tujuan
 agar bisa mudah mengerjakan CCNA.
B.Alat dan bahan
 -Komputer
C.Jangka waktu pelaksanaan
1 hari
D.Pembahasan
#Home Network (jaringan rumah)
Seperti apakah jaringan rumah itu?
Jaringan rumah adalah LAN kecil dengan perangkat yang terhubung ke router . Router terhubung ke Internet. Kemungkinan besar, router rumah dilengkapi dengan kemampuan kabel dan nirkabel.
-Di dalam router rumah biasanya memiliki dua jenis port yaitu:
  • port ethernet
  • port internet
-Teknologi nirkabel  menggunkan gelombang ellektromagnetik untuk membawa informasi antar perangakat.Teknologi nirkabel yang paling sering digunakan di jaringan rumah berada pada rentang frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz yang tidak berlisensi.Protokol kabel yang paling sering diterapkan adalah protokol Ethernet. Ethernet menggunakan seperangkat protokol yang memungkinkan perangkat jaringan berkomunikasi melalui koneksi LAN berkabel.

-Wireless
Perangkat nirkabel yang mentransmisikan rentang frekuensi yang sama membuat gangguan pada jaringan Wi-Fi. Saluran dibuat dengan membagi spektrum RF yang tersedia. Setiap saluran mampu melakukan percakapan yang berbeda.
Teknologi nirkabel menggunakan metode akses yang disebut Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance (CSMA / CA). CSMA / CA membuat reservasi di saluran untuk percakapan tertentu antar perangkat.

#Memilih ISP  (Internet service provider)
Internet Service Provider (ISP) menyediakan hubungan antara jaringan rumah dan Internet global. ISP sangat penting untuk komunikasi di Internet. Setiap ISP terhubung ke ISP lain untuk membentuk jaringan tautan yang menghubungkan pengguna di seluruh dunia.
Dua metode yang paling umum untuk terhubung ke ISP adalah Cable and Digital Subscriber Line (DSL).

#Keamanan di Jaringan Rumah Tangga
   Adalah mungkin bagi penyerang untuk menyetel sinyal dari jaringan nirkabel Anda,Fitur broadcast SSID bisa dimatikan. Setiap komputer yang mencoba terhubung ke jaringan pasti sudah mengetahui SSID. Mematikan Broadcast SSID saja tidak melindungi jaringan nirkabel dari hacker berpengalaman.
Mengubah pengaturan default pada router nirkabel tidak akan melindungi jaringan Anda dengan sendirinya. Dibutuhkan kombinasi beberapa metode untuk melindungi WLAN Anda.
  Penyaringan alamat menggunakan alamat MAC untuk mengidentifikasi perangkat mana yang diizinkan untuk terhubung ke jaringan nirkabel.

-Perencanaan Keamanan
Langkah-langkah keamanan harus direncanakan dan dikonfigurasi sebelum menghubungkan AP ke jaringan atau ISP.Beberapa langkah keamanan yang lebih mendasar meliputi:

  • Ubah nilai default untuk SSID, nama pengguna dan kata sandi
  • Nonaktifkan broadcast SSID
  • Konfigurasikan Penyaringan Alamat MAC
Beberapa langkah keamanan yang lebih canggih meliputi:
  • Konfigurasi enkripsi digunakan WPA2
  • Konfigurasi authentication
  • Konfigurasi traffic filtering
    Tidak ada tindakan keamanan tunggal yang akan menjaga jaringan nirkabel Anda benar-benar aman. Menggabungkan beberapa teknik akan memperkuat integritas rencana keamanan Anda.

D.Kesimpulan
  Kesimpulan nya saya menjadi mengerti tentang home network dan keamanan jaringan.

  Demikian dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar besar nya.

Wassalamualaikum wr.wb
 



  

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact